• TATA TERTIB PRAKTIKUM MK LABORATORIUM PROSES

    TATA TERTIB PRAKTIKUM MK LABORATORIUM PROSES

    Ini adalah contoh tata tertib bekerja di laboratorium pada mata kuliah laboratorium proses.

    Tata Tertib Umum

    1. Mahasiswa hadir tepat waktu di Laboratorium. Tidak ada toleransi. Keterlambatan akan menyebabkan mahasiswa tidak diizinkan mengikuti pre-test atau post-test.
    2. Setiap kali praktikum, mahasiswa memakai jas laboratorium dan membawa buku panduan praktikum, Buku Kerja Laboratorium Proses dan peralatan tulis (pensil, pen, penggaris, penghapus).
    3. Sebelum masuk laboratorium, mahasiswa harus sudah membaca dan memahami latar belakang, tujuan, dan metode praktikum untuk hari itu, dengan membuat rencana kerja praktek yang dituliskan pada Buku Kerja Laboratorium Proses.
    4. Dosen akan memeriksa Buku Kerja sebelum praktikum dan akan membagikan kembali kepada mahasiswa sebagai panduan melakukan praktek.
    5. Setiap kelompok praktikum bertanggung jawab terhadap peralatan laboratorium yang digunakan, dan harus bersedia mengganti jika alat rusak atau hilang.
    6. Setelah praktikum selesai, setiap kelompok harus membersihkan semua peralatan yang dipakai dan mengembalikannya pada tempatnya sesuai dengan jumlahnya.
    7. Selama praktikum, mahasiswa dilarang merokok, membuang sampah tidak pada tempatmya dan membuat kegaduhan.

     

    Pelaporan Hasil Praktikum

    1. Setiap kelompok membuat laporan praktikum dengan menggunakan data seluruh kelas, bukan data kelompok.
    2. Data kelas adalah kompilasi data-data kelompok yang dilakukan di akhir kegiatan setiap pertemuan praktikum. Kompilasi data selanjutnya didistribusikan ke setiap kelompok sebagai bahan laporan.
    3. Laporan praktikum menggunakan teknik penulisan ilmiah.
    4. Laporan praktikum sifatnya adalah perorangan mahasiswa (individu), tidak diperbolehkan untuk mengutip sebagian atau keseluruhan laporan oleh mahasiswa lain.
    5. Laporan praktikum diserahkan kepada dosen, maksimal 1 minggu setelah pelaksanaan praktikum. Laporan yang terlambat dikumpulkan akan mendapat pengurangan nilai 10 per hari keterlambatan.

    Format Laporan Praktikum

    Laporan Praktikum dibuat oleh setiap mahasiswa/perorangan, diketik komputer, huruf Times New Roman 12 pada kertas HVS A4, margin 2.5-2-2-2 cm, spasi 1.15. Outline laporan adalah sebagai berikut :

    • Halaman sampul, mencantumkan informasi tentang judul acara, nama mahasiswa, NIM, nama dosen, mata kuliah, prodi, fakultas, universitas.
    • Pendahuluan, berisi latar belakang, tujuan dan manfaat praktikum
    • Tinjauan Pustaka, berisi hasil studi literatur terkait materi praktikum, teori-teori, hasil penelitian dll.
    • Metode praktikum, waktu dan lokasi praktikum, bahan dan alat serta uraian urutan kerja untuk mendapat data kelas.
    • Hasil dan Pembahasan. Berisi perhitungan-perhitungan, tabel, grafik hasil analisis dan interpretasi data yang didukung oleh pustaka yang relevan serta didukung oleh gambar-gambar. Data kasar lengkap disajikan dalam lampiran.
    • Kesimpulan, uraian menjawab tujuan praktikum.
    • Daftar Pustaka, referensi-referensi yang digunakan untuk menyusun laporan.

  • Comments

    No comments yet

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Add comment

    Name / User name:

    E-mail (optional):

    Website (optional):

    Comment: